-->

Kuliner Nikmat Di Kota Bogor

Kali ini kita berpetualang ke kota Bogor untuk melihat tempat-tempat kuliner nikmat di kota Bogor. Ada kuliner legendaris di kota Bogor yang namanya toge goreng, dan memang kuliner toge goreng ini menjadi seperti makanan khasnya dari kota hujan ini.

Nah kuliner toge goreng ini banyak sekali kita temui kalau kita berada di kota hujan ini. Ada beberapa tempat yang patut kita kunjungi untuk kuliner yang satu ini. Di mana saja tempatnya? Yuk kita langsung saja tonton video dari NET TV berikut ini yang mengulas mengenai kuliner legendaris di kota Bogor. Mari kita simak videonya,


Untuk versi teksnya teman-teman bisa membacanya di bawah ini,

Ragam sajian tradisional tidak hanya menyimpan kelezatan khas tetapi juga sejarah dan tradisi. Kuliner legendaris kota hujan Bogor Jawa Barat berikut ini misalnya, menjadi wujud istimewa sebuah akulturasi budaya. Ya ditambah lagi sehat, namanya toge goreng. Nah di Bogor Jawa Barat ini banyak kedai menu istimewa ini, tersaji sejak 71 tahun lalu, toge goreng Mang Gebro jadi salah satu yang melegenda.


Kuliner Legendaris Kota Bogor, Toge Goreng

Toge goreng, inilah salah satu kuliner legendaris yang tidak bisa terpisahkan dari kota hujan, Bogor, Jawa Barat. Di sini toge goreng hangat tersaji di berbagai penjuru kota Bogor. Segar, lezat dan sehat. Kedai-kedainya pun senantiasa ramai diburu.

Komentar Pengunjung Toge Goreng Bogor

Jadi kalau pas daerah dingin kaya Bogor ini, enaknya makan yang hangat-hangat seperti kaya toge goreng. Nah kebetulan saya sih vegetarian, jadi biasanya makan toge goreng doang sih. Makanan tradisional saya sejak kecil itu saya sukanya makan toge goreng. Adanya di sini, yang banyak, di kota Bogor. Tinggal saya sih di Tangerang, tapi di Tangerang sih susah cari toge goreng. Rasanya? Ya enak lah. Bikin kenyang, togenya banyak, bikin subur katanya. Ya menurut saya, makanan toge goreng itu adalah makanan ringan dan sehat.


Sejarah Kuliner Toge Goreng

Telah menjadi bagian dari tradisi, namun akar sejarahnya, toge goreng sebenarnya bukan murni kuliner asli tanah ini. Akulturasi budaya dan perjalanan sejarah ikut membumbuinya. Berikut adalah penuturan dari Ibu Adi Afiati seorang pakar Boga. Nah bagaimana sampai muncul ada toge goreng?

Karena sebetulnya suatu makanan suatu daerah itu dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu:
  1. Letak Geografis
    Letak geografis di mana daerah tersebut berada. Toge goreng itu kan umumnya dari Bogor, kita kenal banyaknya toge goreng itu di Bogor. Aslinya itu adalah makanan daerah Sunda.
  2. Pengaruh Dari Luar
    Kemudian selain dari letak geografis berikutnya yang mempunyai peranan adalah pengaruh dari asing. Pengaruh dari asing itu adalah kita cukup lama di Indonesia itu ada akulturasi budaya.


Kuliner Nikmat Legendaris Mang Gebro Di Bogor

Dari sekian banyak kedai penyajinya, ada satu yang melegenda, berusia bahkan lebih tua dari Indonesia. Ini dia warung toge goreng Mang Gebro. Sudah menyajikan toge goreng sejak 71 tahun lalu. Kini pengelolanya telah beralih ke generasi kedua, namun bumbu, cara memasak, alat meracik dan kelezatannya semua masih sama dengan ketika almarhum Mang Gebro sendiri yang menyajikannya. Hasilnya toge dengan tekstur yang masih renyah segar pas bersalut dengan lekat lezatnya bumbu tauco yang khas. Mantap dan istimewa.

Nah ini dia keistimewaan dari toge goreng Mang Gebro. Jadi sebenarnya togenya itu ngga digoreng, tapi direbus. Makanya kandungan gizinya itu masih lengkap, apalagi dilumuri dengan campuran bumbu tauco yang membuat rasanya semakin lezat.


Rahasia Kuliner Toge Goreng Mang Gebro

Rahasia penuh selera dari seporsi toge goreng Mang Gebro berawal di sini. Dapur tempat Mamat siapkan sendiri seluruh elemen sajian spesialnya. Bahan baku saus alias bumbu siram, terdiri dari oncom atau salah satu bahan pangan tradisional hasil fermentasi kedelai. Kemudian ada bawang putih, cabe merah, daun bawang, kemiri, gula merah, gula tebu, garam dan tauco. Seperti oncom, tauco juga merupakan hasil fermentasi kedelai. Merupakan bahan baku pangan asal negeri tirai bambu Cina, dalam perkembangannya tauco banyak lezatkan sajian Nusantara. Salah satunya memperkaya sekaligus menjadi penoreh cita rasa khas toge goreng.

Semua memang tak jauh berbeda dengan bahan toge goreng pada umumnya. Yang menjadikannya spesial, tentunya komposisi dan cara meraciknya. Kenapa sih tadi bawangnya ngga dimasukin semua? Toge goreng yang lain jarang pake bawang yang begituan. Kalau bapak mah pake, pertama pake bawang kaya gitu, untuk menghilangkan bau minyak, juga sebagai wangi dan menghilangkan bau-bau tengik, gitu.

Kunci lain kelezatan yang tak kalah pentingnya, semua bahannya segar. Pemilik juga meracik, memasak, juga mengolah sendiri setiap bahannya. Tak heran kalau kualitasnya bisa sangat terjaga.

Nah salah satu bahan utama untuk membuat toge goreng ini adalah tauco. Tauconya yang asli Bogor, jadi ngga berair dan dia terbuat dari kacang kedelai.

Aroma khas menjadi pertanda bahwa bumbu siram telah matang, dan tentunya sudah siap untuk disajikan. Selain bumbu, toge goreng juga menggunakan lontong, lontongnya ini juga buatan sendiri. Teksturnya lembut, sangat terasa segar daunnya. Komponen lainnya adalah mie kuning khas Bogor, juga tentunya sang bintang utama yaitu toge. Proses memasak dengan tungku kayu dan karakteristik khususnya pinggan tembaga. Menjaga kesegaran bahan-bahan di dalamnya. Puluhan tahun pengalaman, bahan-bahan prima rangkaian panjang persiapan dan semua berasal dari hati. Tak heran sajian sederhana ini menjadi begitu kaya rasa.

Dari kecil dari sini, rasanya enak, bumbunya juga banyak sih. Enaklah pokoknya. Kelezatan tradisional ini juga bisa dibawa pulang. Membungkus dengan daun patat bukan daun pisang, karena tekstur tebal berporinya menjaga segar kelezatan di dalamnya lebih lama. Aroma hijaunya klik dengan toge goreng.

Nah satu lagi yang spesial dari toge goreng Mang Gebro, jadi kalau kita mau membungkus, dibungkusnya itu menggunakan daun patat dan cara membungkusnya cuma abah doang yang bisa. Unik ya?


Harga Toge Goreng Mang Gebro

Sajian spesial toge goreng Mang Gebro ini tersaji Rp 10.000,- per porsi. Berlokasi di kawasan lawas Pasar Anyar Bogor, warung toge goreng Mang Gebro buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Annisa Vikasari dan Rio Pambudi melaporkan untuk NET.

Kuliner Nikmat Di Kota Bogor


Nah seperti itu kira-kira toge goreng Mang Gebro, memang kalau saya lagi ke Bogor, dan saya pernah tinggal cukup lama di Bogor, toge goreng Mang Gebro ini sangat terkenal sekali di Bogor. Kalau kita sebut toge goreng di Bogor, pasti orang akan merujuknya ke toge goreng Mang Gebro ini.

Jadi kalau teman-teman lagi berada di kota Bogor, bisa juga mencoba salah satu kuliner nikmat di kota Bogor ini. Sekian dulu ya, wassalam.


Baca juga:
  1. Bakso Enak Di Bogor
  2. Bubur Ayam Pandawa Bogor
  3. Soto Mie Yasmin Bogor

0 Response to "Kuliner Nikmat Di Kota Bogor"

Post a Comment

Popular posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel