-->

Cara Membasmi Nyamuk Rumah

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing mengenai cara membasmi nyamuk rumah. Yang ingin saya sharingkan pada tulisan kali ini bukan membasmi nyamuk yang sudah ada, tapi membasmi dari bibitnya, yaitu nyamuk yang masih dalam bentuk jentik-jentik di air. Kalau dari jentik-jentiknya saja sudah bisa kita habiskan tentunya nanti tidak akan mereka berubah bentuk menjadi nyamuk kan?

Dan apa yang saya sharingkan ini berdasarkan pengalaman saya di rumah saya juga yang kebetulan banyak sekali nyamuk yang ada di rumah saya ini. Dan waktu itu saya baru sadar ketika ibu saya melihat bak mandi, dia bilang, "Man, itu jentik nyamuknya banyak amat ya?"

Baru deh saya mulai perhatikan, karena kan jentik atau cu nyamuk gitu kecil sekali kan, jadinya ngga terlalu kelihatan kalau tidak kita perhatikan dengan seksama di air di bak mandi itu. Baru kemudian saya berpiki, ah gini kalau saya harus kuras repot ah, mendingan masukin aja satu ikan di dalam bak mandi.

Memelihara Ikan Cupang Di Bak Mandi

Lalu saya terpikir untuk membeli ikan cupang saja, untuk saya masukkan ke dalam bak mandi saya. Kenapa ikan cupang? Karena ikan cupang itu kecil, sehingga tidak akan terlalu mengganggu dan kita tidak terlalu kepikiran dengan kotoran yang dihasilkan oleh ikan cupang tersebut saat ikan cupang tersebut mengeluarkan kotoran.

Dan juga ikan cupang ini relatif mudah untuk didapat kok. Coba saja cari pedagang ikan hias di tempat kalian, dan tanya jual ikan cupang ngga? Biasanya mereka bawa tuh. Nah kalau kita berbicara mengenai ikan cupang, dulu waktu saya SMP saya pernah memelihara ikan cupang, dan dari situ saya jadi kenal berbagai macam ikan cupang. Ada yang sampai harganya mahal lho, ada yang sampai 500ribuan, bahkan mungkin satu jutaan ada. Yang indah sekali bentuknya.

Nah untuk mengisi bak mandi kita karena peruntukannya hanya untuk makanin jentik-jentik yang ada di dalam bak mandi, jangan beli ikan cupang yang mahal-mahal. Beli aja yang dijual oleh pedagang ikan hias di pasar, biasanya mereka menjual ikan cupang yang murah. Tadi saya baru beli ikan cupang, cari di sekitar pasar dekat rumah ternyata ada pedagang ikan hias, dan saya lihat ada ikan cupang yang mereka jual.

Saya tanya kepada mereka berapa mereka jual ikan cupangnya? Harganya Rp 10ribu saja. Nah beli ikan cupang yang seperti ini, jangan beli ikan cupang yang harganya sampai 500ribu hanya untuk makanin jentik-jentik yang ada di bak mandi teman-teman, karena kan sayang uangnya kalau kita membeli ikan cupang yang mahal yang fungsinya hanya untuk memakan jentik-jentik yang ada di bak mandi kita.

Beda kalau memang teman-teman suka melihat ikan cupang tersebut, misalnya nanti mau diletakkan di aquarium yang bagus sekalian mau dilihat-lihat juga. Ya ngga papa kalau begitu beli ikan cupang yang mahal, tapi kalau fungsinya hanya seperti yang saya lakukan ini, hanya untuk menghabiskan jentik-jentik yang ada di bak mandi, maka ikan cupang seharga 10ribu rupiah juga sudah sangat cukup sekali.

Letakkan Di Ember Atau Di Toples

Kalau teman-teman misalnya terpikir ah nanti ikan cupangnya berak nih, kemudian bak mandi saya jadi kotor. Bisa juga teman-teman taruh ikan cupangnya di toples begitu teman-teman sudah masukkan ke bak mandi dan jentik-jentik di dalam bak mandi sudah dia makan semuanya. Kalau jentik-jentiknya memang banyak sekali, tentunya ngga akan dalam sehari akan langsung habis ya. Biasanya dua hari atau tiga hari baru si jentik itu habis.

Kalau gitu masukkan saja ikan cupangnya ke dalam bak mandi selama 4 jam misalnya, sampai dia makan dan kemudian dia tidak mau makan lagi karena kenyang, dan kemudian tinggal kita ambil kembali saja si ikan cupang tersebut dengan menggunakan serokan yang kita beli di tukang ikan tersebut. Lalu ikan cupang tersebut kita letakkan saja di toples, biasanya kalau ikan cupang tersebut sudah makan banyak begitu, nanti memang dia akan buang kotoran.

Dan kalau teman-teman tidak mau ada kotoran sama sekali di bak mandi teman-teman gara-gara kotoran dari ikan cupang tersebut maka meletakkan ikan cupang tersebut di toples atau si ember kecil di samping bak mandi bisa menjadi alternatif pilihan, sehingga nanti ketika si cupang sudah mulai mengeluarkan kotoran maka kotoran dari cupang tersebut tidak akan mengotori bak mandi kita.

Sebenarnya kalau kita mau menggunakan ikan apa pun yang juga akan memakan jentik-jentik seperti misalnya ikan gurame yang kecil juga bisa, tapi tetap aja mereka juga akan mengeluarkan kotoran setelah mereka makan tentunya, dan mengapa saya pilih ikan cupang, karena ikan ini kecil, dan kotorannya ngga terlalu jadi masalah, kecuali kalau memang teman-teman orangnya sangat ingin bersih sekali, maka meletakkan ikan cupang di toples setelah memasukkan ikan cupang tersebut ke bak mandi sekitar 3 jam atau kurang bisa menjadi solusi, untuk tetap menjaga bak mandi tetap dalam kondisi bersih tanpa ada kotoran dari sang cupang tersebut.

Nah ini bisa kita lihat pada gambar di bawah ini, dimana ikan cupang tersebut saya masukkan ke dalam bak mandi saya.

Cara Membasmi Nyamuk Rumah

Dan kebetulan juga saya membuat videonya ketika saya memasukkan ikan cupang ini ke dalam bak mandi saya, jadi teman-teman juga bisa melihat seperti apa banyaknya jentik-jentik di kamar mandi saya, tepatnya di bak mandi saya. Dan ini saya perhatikan hanya dalam dua hari sudah ada jentik-jentik nyamuk sebanyak itu di bak mandi kamar mandi saya.


Seperti itu kira-kita teman-teman, saya juga meletakkan ikan cupang di luar rumah saya, karena kebetulan di luar rumah saya ada ember yang berisi air hujan, yang saya tampung untuk saya gunakan menyiram tanaman. Nah biasanya kalau ada air tergenang seperti itu biasanya akan ada jentik-jentik nyamuk, dan ini tentunya kan ngga bagus karena akan menjadi sumber nyamuk.

Itulah mengapa saya juga taruh ikan cupang di sana agar tidak ada jentik-jentik nyamuk di ember tersebut. Nah semoga sharing saya mengenai cara membasmi nyamuk di rumah kita ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Wassalam.


Baca juga:
  1. Taman Dunia Air Tawar
  2. Cara Naik Busway Untuk Pertamakali
  3. Cerita Tentang Gagak, Kukuk dan Burung Hantu

1 Response to "Cara Membasmi Nyamuk Rumah"

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Popular posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel