-->

Mengenal Personal Pronouns

Blog Iman Prabawa - Pada kesempatan sharing saya dalam materi pembelajaran bahasa Inggris ini saya mau sharing mengenai mengenal personal pronouns. Teman-teman sudah tahu kan ya definisi dari pronoun itu apa? Sehingga saya ngga perlu lagi menjelaskan lagi?

Tapi buat teman-teman yang memang baru masuk ke halaman ini dan belum pernah mengikuti pembelajaran saya sebelumnya, saya bahas sedikit ya mengenai pronoun ini. Pronoun itu adalah kata ganti, yaitu kata yang menggantikan noun.

Yuk mari kita bahas mengenai personal pronoun yang termasuk ke dalam kategori pronoun, yang mana kita akan bagi dulu yaitu personal pronoun yang posisinya adalah sebagai subject di dalam sebuah kalimat, dan juga personal pronoun yang posisinya menjadi object dalam sebuah kalimat.

Mengenal Personal Pronouns

Yang termasuk ke dalam personal pronoun antara lain I, you, he, she, it, we dan they. Nah kata-kata ini biasanya menjadi pengganti di subject kalimat. Kita langsung saja melihat dalam bentuk contoh kalimatnya aja ya biar teman-teman juga bisa lebih mengerti apa yang saya jelaskan ini.

Contoh kalimat :
My name is George. I am the oldest in the family.

Nah kalau kita lihat pada contoh kalimat di atas, disitu George digantikan dengan I, dimana posisi I ini berada atau menjadi subject dari kalimat I am the oldest in the family.

Contoh yang berikutnya adalah :
This is my brother. He is a lawyer.
Nah kalau kita melihat pada kalimat yang di atas, my brother tersebut digantikan dengan pronoun "he", dimana letak dari pronoun "he" ini berada atau menjadi subject dari kalimat tersebut.


Kemudian saya beri contoh satu lagi ya, kita simak dan perhatian kalimat yang ada di bawah ini.
This is my sister. She is a dentist.
Dari kalimat di atas, my sister ini digantikan dengan kata ganti atau pronoun "she" dan posisi she ini berada atau menjadi subject dari kalimat she is a dentist tersebut.

Nah jadi contoh-contoh kalimat tersebut yang saya berikan di atas itu bilamana pronounnya berada sebagai subject. Sementara untuk contoh yang berikutnya ini kalau pronounnya menjadi objek dalam sebuah kalimat.

Pronouns Sebagai Objek Dalam Kalimat

Contoh pronoun yang berada sebagai objek dalam sebuah kalimat, antara lain me, you, him, her, it, us dan them.

Kita langsung saja melihat contoh kalimatnya di bawah ini yaa..
I am standing on my head. Look at me.
Nah kalau kita lihat pada kalimat di atas, teman-teman bisa memperhatikan pada kalimat yang saya beri bold atau saya tebalkan, yaitu kata "I" dan juga kata "me". Kata I ini kalau berada sebagai subjek dalam sebuah kalimat, sementara berubah menjadi kata "me" kalau berada sebagai objek dalam sebuah kalimat.

Kemudian saya beri contoh yang lainnya lagi ya, kita lihat kalimat di bawah ini..
Sharon and Jenny! Dad is waiting for you!
Nah kita lihat proper nouns di atas yaitu Sharon dan Jenny, kemudian digantikan dengan personal pronoun yang berada sebagai objek dalam sebuah kalimat, yaitu you.

Nah kira-kira seperti itu pembahasan kita mengenai mengenal personal pronouns dalam pelajaran bahasa Inggris kita kali ini. Nanti di pelajaran kita yang berikutnya saya akan sharing hal yang lain lagi ya. Tetap pantengin terus tentunya blog saya ini sehingga teman-teman akan mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris yang lainnya lagi dari saya.

Sampai ketemu lagi dan see yaa..


Baca juga :
  1. Apa Itu Pronoun?
  2. Personal Pronouns Dalam Bahasa Inggris
  3. Pertarungan Antara Capung dan Monyet

0 Response to "Mengenal Personal Pronouns"

Post a Comment

Popular posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel