-->

Review Speaker Edifier R1280T

Blog Iman Prabawa - Halo teman-teman, kali ini saya mau review speaker Edifier R1280T sedikit. Kebetulan saya sudah membuat video unboxing mengenai hal ini. Ini speaker yang sudah lama sekali saya ingin beli dan ketika kemarin saya melihat di Bhinneka.com ternyata harganya turun menjadi harga yang terlihat di bawah ini,

Review Speaker Edifier R1280T

Biasanya saya lihat harganya itu ngga pernah di bawah 1 juta seperti terlihat pada gambar di atas, saya sedikit ngga percaya juga, soalnya dulu waktu saya beli Edifier R1000T4 juga lagi diskon dan kena diskon harganya juga sekitaran 900ribuan gini. Dan saya juga membelinya di Bhinneka.com. Saya sudah menjadi pelanggan Bhinneka.com sudah cukup lama soalnya.

Kemudian saya cek di situs yang lain ternyata harganya masih berada di kisaran Rp 1,3 juta. Lalu saya pikir, "Ah kalau gini harus dibeli ini!!". Hihihi, maka dari itu tanpa berpikir lama, langsung saya membeli speakernya.

Review Speaker Edifier R1280T

Kalau untuk melihat spesifikasi teknisnya buat teman-teman yang senang dengan data-data teknis, bisa melihatnya di situs Edifier ini. Dan speaker ini sudah direview juga oleh PC Magazine dan mendapatkan hasil review yang bagus. Di situ dikatakan,
For $100, the Edifier R1280T's audio quality is impressive. Budget-friendly PC speakers rarely sound this good and deliver this much power.
Yang kalau saya terjemahkan artinya,
Untuk speaker seharga $100, kualitas dari speaker Edifier R1280T cukup mengesankan. Biasanya speaker dengan harga yang murah jarang yang suaranya bagus dan juga bisa sekeras ini suaranya.
Detailnya silakan dibaca di PC Magazine aja ya.

Saya akan mereview tidak terlalu teknis ya.

Kelebihan Speaker Edifier R1280T

Menurut saya ada beberapa kelebihannya yaitu:

  1. Dari segi harga termasuk murah apalagi kalau lagi ada diskon kaya gini. Hehe..
  2. Kualitas soundnya untuk harga segitu LUAR BIASA kalau menurut saya. Stereo imagingnya kalau kita memutar musik bisa kerasa sekali. Eh tadi saya bilang ngga mau masuk terlalu teknis ya? Jadi gini aja deh, kualitas suara yang dihasilkannya sangat jernih. Kalau mau nonton film dengan speaker ini sangat bagus, musik-musik seperti Jazz, Pop bisa dihasilkan dengan sangat baik dengan speaker ini. Kalau musik Metal saya rasa sih mendingan cari speaker yang lain deh, agak kurang soalnya.
  3. Tampilannya keren. Saya suka dengan desainnya, terlihat mewah dan keren (*kalau menurut saya)
  4. Cukup kecil tapi bisa menghasilkan suara yang keras. Ini speaker kecil-kecil keras lho suaranya!
  5. Ada pengaturan Bass dan Treblenya, sehingga bisa kita otak-atik sesuai selera kita.
  6. Ada remotenya untuk kita mengatur, mengecilkan atau mengeraskan suaranya dari jauh.
  7. Tombol pengatur volume, bass, treble ada di samping sehingga masih mudah untuk kita atur-atur, karena kalau Edifier R1000T4, tombol volumenya ada di bagian belakang dan ini agak menyulitkan juga kalau kita ingin mengatur volume atau bassnya. 
  8. Kabel yang disediakan oleh Edifier adalah kabel yang cukup bagus.

Kekurangan Speaker Edifier R1280T

Sementara kekurangan speaker Edifier R1280T ini menurut saya:
  1. Tombol volumenya itu seperti yang ada di video saya, tidak bisa mentok, dia muter aja terus ngga ada mentoknya. Jadi kita ngga tahu apakah volumenya sudah maksimal atau belum, harus dengarin speakernya. Kalau ada bagian mentok kan tinggal kita pentokin aja tanpa kita harus mendengar suara dari speaker dan kita sudah tahu bahwa itu berarti volumenya sudah berada di titik maksimal.
  2. Remote volumenya ngga enak di tangan! Harus nekan keras baru ada perubahan suara. Ini buat saya sih mengganggu sekali, kenapa juga volume di body speakernya dia akan ngereset sendiri setiap kali speakernya dimatikan. Saya sendiri biasanya mentokin levelnya sampai di 10, baru kemudian saya atur volumenya dari PC, misalnya 30% saja suaranya di PC, itu lebih enak ngaturnya. Ini agak ribet jadinya.
  3. Volume yang selalu mereset setiap kali dimatikan. Jadi kalau sudah kita naikkan volumenya menggunakan remotenya sampai mentok kemudian komputernya kita matikan dan speakernya juga ikut kita matikan maka level speakernya akan tereset kembali ke level setting pabriknya, ngga berada di level mentok yang sudah kita setel sebelumnya. Sebenarnya ini bagus untuk orang-orang yang suka mengeraskan speakernya sesuka hatinya, jadi speakernya akan bisa terjaga. Tapi untuk orang yang mengerti kontrol volume, maka ini cukup ngeselin juga karena setiap kali menyalakan speaker harus menaikkan volume atau mengecilkan volumenya.

Kesimpulan Speaker Edifier R1280T

Kalau saya sih PUAS sama hasil soundnya. Bass boostnya ngga terlalu lebay, karena kebetulan saya tidak suka dengan speaker yang terlalu ngeboost bassnya, saya lebih suka dengan speaker yang claritynya jelas. Clarity itu adalah kejelasan suara yang dihasilkannya. Kalau kita menggenjreng gitar, maka 6 senarnya bisa kita dengar dengan jelas. Masing-masing senarnya bunyinya bisa kita dengar dengan detail, saya lebih suka model speaker yang model seperti itu ketimbang yang bassnya ngeboom banget.

Buat teman-teman yang suka dengan speaker yang ngeboom banget bassnya mungkin bukan untuk teman-teman. Tapi kalau saya bilang sih bass-nya cukup lah. Intinya kalau saya sih PUAS dengan speaker Edifier R1280T.

Ini saya pasang di komputer saya bersama dengan speaker KRK VXT 6. Kalau speaker KRK VXT 6 ini saya gunakan kalau saya lagi mixing lagu. Karena kalau lagi mixing kan butuh speaker yang lebih detail lagi, maka saya menggunakan speaker KRK VXT 6 ini.

Seperti ini penampakan dari speaker Edifier R1280T setelah saya pasang di meja komputer saya.

Review Speaker Edifier R1280T

Oh iya itu tutup speakernya bisa dibuka dan kalau dibuka maka hasil soundnya akan lebih terasa treble. Kalau saya untuk yang ini lebih suka ditutup saja, kalau yang Edifier R1000T4 saya lebih suka dibuka karena lebih terlihat bagus kalau dibuka. Kalau speaker Edifier R1280T ini kalau dibuka tampilannya saya kurang suka dan juga cenderung lebih treble hasil suaranya walau kita bisa sesuaikan lagi treblenya di knob yang ada di bagian samping dari speaker Edifier R1280T ini.

Oh iya terakhir teman-teman silakan tonton video unboxing atau buka dus saya di bawah ini.


Dan kalau teman-teman mau mendengar sound test dari speaker Edifier R1280T ini saya menemukan sebuah video di youtube yang membahas mengenai hal ini dengan sangat bagus dan karena video ini jugalah yang kemudian membuat saya jadi ngiler pingin punya speaker ini.

Silakan bisa ditonton videonya di bawah ini,


Nah semoga sharing dari saya mengenai review speaker Edifier R1280T ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Buat teman-teman yang juga punya speaker Edifier R1280T ini tulis juga di komen dong mengenai gimana pengalaman teman-teman menggunakan speaker Edifier R1280T ini, apakah puas atau tidak? Kalau tidak puas, tidak puasnya itu kenapa biar kita semua bisa tahu juga sehingga buat teman-teman yang mau membeli speaker ini juga bisa menjadi sebuah pertimbangan juga tentunya. Terima kasih kalau begitu ya teman-teman. Sampai ketemu lagi.


Baca juga:
  1. Review USB Microphone Samson Go Mic
  2. Review Canon Powershot G7X Mark II
  3. Review Keyboard Bluetooth Logitech K480

1 Response to "Review Speaker Edifier R1280T"

  1. TOTO titanium fat bike - TOTO TOTO.com
    TOTO titanium fat titanium industries bike - TOTO.com. The TOTO titanium bike is the best titanium lug nuts and most titanium network surf freely suitable option for most anyone. It microtouch titanium has an titanium nose hoop overall weight and

    ReplyDelete

Popular posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel