-->

7# Tipe Data Bahasa Pemrograman C++

   Inilah macam-macam tipe data yang sebenarnya sangat banyak tetapi saya hanya menyebutkan yang sering dipakai saja dalam seri ini, yaitu seperti :
Tipe Data
Penggunaan
char
Dapat menampung karakter tapi hanya berfungsi pada CIN
int
Dapat menampung bilangan bulat tetapi tidak bisa menampung karakter
float
Dapat menampung bilangan bulat dan bilangan pecahan/koma/decimal
string
Dapat menampung karakter dan bilangan hanya dalam tanda “ “
double
Menampung bilangan pecan yang nilai decimal lebih banyak dari float
    Tipe data ini yang akan digunakan untuk mendeklarasikan sebuah variabel, tipe data adalah suatu tipe tipe data / merupakan jenis dari data yang ingin disimpan dengan menyesuaikan kegunaan tipe data tersebut, data yang akan disimpan bisa berupa karakter, angka, huruf dll masih banyak lagi, biasanya tipe data digunakan untuk membuat suatu variabel yang akan mewakili data dari macam-macam jenis tipe data dalam C++

Tipe_data nama_variabel = nilai_yang_akan_disimpan;
float angka = 6.75;
Sama saja dengan 
float angka;
angka = 6.75;
   Ini hanya untuk mempersingkat coding saja kok sama aja sebenarnya.. nah maksudnya pengertian dalam float dapat menampung bilangan bula dan bilangan percahan/decimal/koma itu, lihat pada contoh atas menggunakan tipe data float dan menggunakan titik = bilangan decimal yang ditampung variabel tersebut..
   Emang sih kenapa tidak menggunakan int saja? Karena ketika kita membuat program penjumlahan angka, pengurangan, perkalian, pembagian hasilnya tidak akan sesuai / salah… itu kenapa? Karena int itu untuk bilangan bulat lihat contoh ini :
#include <iostream>
using namespace std;

int main()

{
    int angka_satu = 2.5;
    int angka_dua = 5;
    cout << angka_satu + angka_dua << endl;
    
    return 0;
}
7# Tipe Data Bahasa Pemrograman C++

outputnya : 7

7# Tipe Data Bahasa Pemrograman C++

  Tuh kan .. kalian jangan bingung dengan baris ini angka_satu + angka_dua karena pasti tau itu untuk menjumlahkan angka dari variabel yang angka_satu dengan variabel angka_dua maka outputnya hasi penjumlahannya 2.5 + 5 tapi kenapa outputnya 7 ? Nah disini nih harusnya kan 7.5 kan saya sudah bilang akan tidak sesuai dengan hasil sewajarnya apabila kita menampung nilai decimal/pecahan dalam tipe data int.
7# Tipe Data Bahasa Pemrograman C++

Outputnya : 7.5

7# Tipe Data Bahasa Pemrograman C++
Ini yang dimaksud penggunaan jadi harus tepat ketika salah akan mempengaruhi program lain loh… sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf..

0 Response to "7# Tipe Data Bahasa Pemrograman C++"

Post a Comment

Popular posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel