-->

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018
3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018

Anda Ingin Bekerja Sebagai Programmer Dengan Gaji Yang Tinggi?
Mungkin di tahun 2018 ini Anda merasa mencari pekerjaan itu sulit. Apalagi di dunia TI, yang semakin lama semakin berkembang. Ditambah banyaknya bahasa pemrograman yang baru terus bermunculan. Apabila Anda merasa mencari pekerjaan TI itu sulit, mungkin Anda harus mempelajari 3 bahasa pemrograman yang sudah saya ringkas dibawah.

Sebenarnya, Anda tak perlu ragu berkarir menjadi programmer ! Bahkan saya berani katakan bahwa Anda bisa jadi programmer yang sukses tanpa kuliah ! Yang terpenting, pelajarilah bahasa pemrograman yang tepat, dan fokus pada pengembangan aplikasinya !

Perkembangan Begitu Cepat
Dalam tahun 2018 ini, teknologi software, aplikasi, sistem sudah sangat maju. Semakin hari, semakin bermunculan ide-ide startup yang hebat seperti di bidang kesehatan, transportasi, ekonomi, dan lain-lain.

Ditambah lagi, saat ini sedang ada "Gerakan Nasional 1000 Startup Digital" yang diinisiasi oleh KIBAR serta didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Gerakan ini bertujuan membangkitkan kembali 1000 startup Indonesia hingga tahun 2020.

Perkembangan yang sangat cepat tersebut membuat persaingan semakin ketat. Sehingga saat kita mulai belajar bahasa pemrograman, kita perlu memilah bahasaa pemrograman mana yang benar-benar cocok untuk saat ini. Namun bukan berarti pada saat Anda mempelajari bahasa pemrograman lain, maka Anda tidak akan sukses. Yang jelas jika kita menggunakan bahasa pemrograman yang masih belum banyak penggunanya, maka saya tidak berani menjamin Anda akan mendapat karir yang baik sebagai programmer.

Nah, mari kita lihat kebelakang di tahun 2017, kita bisa lihat di berbagai survey berikut ini tentang popularitas bahasa pemrograman yang paling sering digunakan di seluruh dunia. (sumber : stackify.com)

Tiobe Index

Statistik Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer
Statistik Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer

Indeed Job Opening
Bahasa Pemrograman Yang Paling Banyak Dicari
Bahasa Pemrograman Yang Paling Banyak Dicari

Github
Bahasa Pemrograman Yang Paling Banyak Dicari
Bahasa Pemrograman Yang Paling Banyak Dicari

Berikut statistik yang saya ambil dari paysa.com, yang menunjukan bahasa pemrograman yang paling dicari beserta gajinya.
Statistik Persentase Bahasa Pemrograman Paling Dicari & Gajinya
Statistik Persentase Bahasa Pemrograman Paling Dicari & Gajinya


Nah dari survey2 dan hasil statistik tersebut beserta penelitian saya sendiri, kesimpulannya adalah bahasa pemrograman yang paling dibutuhkan pada tahun 2018 ini adalah sebagai berikut :


1. Java, "Write once, run anywhere"

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018
Logo Java

Java adalah bahasa pemrograman yang memang sedikit unik. Apa uniknya ? Ya karena java memiliki moto "Tulis sekali, jalankan dimana saja" yang artinya saat kita membuat program dengan java, maka program kita bisa berjalan di berbagai platform. Nah itulah yang membuat saya menyarankan Anda untuk tetap belajar java pada tahun 2018 ini.

Tak heran apabila sebagian besar perusahaan akan mencari programmer yang mampu menguasai java. Java memang bisa dibilang bahasa terbaik untuk membuat program di berbagai platform karena sifatnya yang multiplatform.

Kelebihan bahasa pemrograman java : 

1. Multiplatform
2. Java sangat mendukung usability
3. Java bersifat OOP langsung
4. Mudah dikembangkan dan bersifat dinamis
5. Banyak sekali programmer java sehingga memudahkan kita untuk memecahkan masalah pemrograman

Jadi yuk saatnya kita belajar bahasa java. Disini saya juga memberikan ebook gratis "Algoritma dan  Pemrograman Java" yang bisa di download disini :
  Download Ebook Algoritma dan Pemrograman Java (link google drive)
Belajar Bahasa Pemrograman Java (Karya Ginanjar) (link mediafire)
Belajar Bahasa Pemrograman Java (Karya Sri Herawati) (link mediafire)
Belajar Bahasa Pemrograman Java (Karya Kurniawan) (link mediafire)
Belajar Bahasa Pemrograman DESKTOP Java (Karya Ifnu) (link mediafire)

Diharapkan setelah kamu mendownload ebook tersebut, kamu menjadi lebih mahir dalam membuat aplikasi-aplikasi yang berguna bagi banyak orang.


2. Visual C#

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018
Bahasa Pemrograman C#

Ada yang belum tau apa itu visual c# ? Visual c# adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek dimana bahasa ini menggunakan kaidah bahasa C. Memang bahasa C ini sedikit sulit dipelajari. Tapi justru itulah peluang besar bagi Anda !

Di tahun 2018 ini, kita tahu walaupun pengguna mobile semakin meningkat, namun pengguna komputer/laptop tidak bisa diambil alih. Justru itulah yang menjadi kesempatan kamu untuk dapat membuat software pada platform desktop. Maka dari itu, pemrograman C# ini sangat diperlukan. Nah, lalu mengapa harus C# ? Kok tidak VB.NET ?

Kelebihan C# dibanding VB.NET : 
- C# sendiri merupakan induk bahasa pemrograman lainnya seperti visual basic, phyton, php, java, perl, dll
- Compiler C# terdapat pada semua platform
- C# adalah bahasa pemrograman berorientasi objek
- Programmer C# lebih mudah diterima di perusahaan karena dianggap lebih profesional dibanding VB.NET

Jadi, belajar C# adalah peluang besar bagi para programmer tahun 2018 ini. Lalu dimana kita bisa belajar C# ? Disini saya akan bagikan ebook pemrograman C#. Namun, karena bahasa pemrograman C# ini relatif mudah, jadi saya berikan 1 ebook yang menurut saya mampu membuat Anda cepat mahir dalam belajar bahasa pemrograman C# :

Download Ebook Bahasa Pemrograman C# (link mediafire)

Bahkan bahasa pemrograman C# sebenarnya tidak hanya untuk desktop loh, tapi juga untuk android pun bisa ! Bahkan untuk web development juga bisa ! Tapi lain kali akan saya bahas di postingan selanjutnya.. :)

3. Javascript

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018
Logo Javascript

Mengapa javascript begitu populer ? Ya karena dengan javsacript, kita bisa membuat website tampil lebih menarik lagi. Perkembangan website pun saat ini juga cukup pesat, sehingga tampilan website saat ini sudah sangat modern dan sangat responsive. Bahkan sudah banyak game-game yang bermunculan yang dapat dimainkan langsung di website.

Hal tersebut sangatlah keren ! Tapi, dibalik semua itu, javascript memiliki peranan penting, sehingga dibalik semua animasi, desain, interaksi, semua itu dibuat sebagian besar oleh javascript.

Dilansir dari crosstechno.com, bahwa 75% pengguna menilai bisnis seseorang dari desain websitenya. Jadi kalau desain websitenya tidak karuan, ya orang pasti akan menilai bisnis tersebut juga tidak karuan. Betul ? Saya sendiri pun juga demikian. Mungkin Anda juga sama.

Maka dari itu, tak heran banyak sekali perusahaan yang mencari programmer javascript ! Javascript sangatlah berperan penting dalam pembuatan desain web menjadi lebih interaktif dan menarik. Maka dari itu yuk pelajari javascript mulai dari sekarang. Tapi jangan lupa juga, kamu juga wajib belajar HTML & CSS, karena semua itu berkaitan !

Apabila Anda tertarik dengan pembelajaran pemrograman web (termasuk javascript, CSS, & HTML), Anda bisa download ebooknya disini :

Download Ebook Pemrograman Web LENGKAP !

Bagaimana Dengan Tingkat Kesulitan Bahasa Pemrograman ?

Pada posting-posting sebelumnya, mungkin saya sudah sering membahas hal ini. Jadi bahasa pemrograman itu tidak ada yang sulit ! Sekalipun bahasa assembly pun, pada dasarnya bahasanya tidak sulit, namun hanya butuh ketelitian. 

Lalu apa yang membuat sulit ? LOGIKA

Logika adalah hal yang mempersulit kita belajar bahasa pemrograman. Semakin sulit logikanya, semakin kompleks program yang kita buat. Artinya, semakin kompleks, maka program yang kita buat semakin baik dan semakin sempurna !

Jadi kalau Anda sedang ngoding, dan Anda merasa kesulitan, berbahagialah Anda, karena program Anda akan semakin baik !

Maka dari itu jangan lagi mempersoalkan bahasa pemrograman yang sulit. Semuanya mudah, tinggal Anda ingin mengembangkan seperti apa.

Di Tahun 2018, Cuman Belajar Bahasa Pemrograman Saja Itu Tidak Cukup !

Mengapa saya katakan tidak cukup ? Jelas, kalo di tahun 2018 ini kita cuman belajar bahasa pemrograman saja, maka tak ada bedanya dengan orang2 jaman dulu pun juga sama-sama belajar bahasa pemrograman loh. Tahun 2017 pun C#, javascript, dan Java sudah ada, dan yang belajar bahasa pemrograman tersebut pun juga banyak sekali. Itulah yang membuat persaingan tahun ini semakin ketat !

Apa Yang Kurang ?

3 Bahasa Pemrograman Yang Wajib Dipelajari Tahun 2018
Sistem kerja

Jadi apa yang kurang ? Sistem ! Mengapa sistem ? Ya karena, belajar bahasa pemrograman itu sebenarnya mudah, tapi yang susah algoritma sistemnya, Betul ? Kalo kamu seorang programmer berpengalaman, pasti tau hal ini. Maka dari itu kita perlu mengasah skill kita dengan menyesuaikan sistem yang sering dipakai pada tahun 2018 ini.

Berikut adalah bukti bahwa orang-orang saat ini banyak bersaing untuk mengasah algoritma mereka. Mereka tidak lagi berfokus pada bahasanya. Bahasa pemrograman hanya sebagai sarana saja. Namun yang terpenting adalah algoritma untuk menghasilkan program yang berkualitas !

Bukan hanya bahasa pemrograman, namun algoritma inilah yang sangat penting saat Anda mempelajari bahasa apapun.

Contoh, Bagaimana sih cara membuat sistem toko online di website ? Bagaimana cara membuat sistem pemesanan ? Bagaimana cara membuat sistem pengiriman barang ? Apa yang diperlukan ? Nah hal semacam itu sangatlah penting karena sekarang banyak sekali perusahaan yang mencari programmer yang mempunyai skill lebih untuk mengembangkan perusahaannya di tahun 2018 ini.

Kesimpulan, dan cerita sedikit...

Kesimpulannya, dari 3 bahasa pemrograman diatas, saya yakin bahwa 3 bahasa tersebut masih sangat diperlukan untuk tahun ini ! Namun sejago-jagonya Anda belajar bahasa pemrograman, kalau logika Anda masih kurang, sama saja cari pekerjaan susah, kuliah juga susah, belajarpun menjadi lebih susah.

Beberapa bulan yang lalu, saya bertemu dengan seorang IT Consultant, dimana dia bercerita bahwa dia memiliki seorang programmer yang jago AngularJS. Namun tak lama kemudian, programmer ini dikeluarkan karena dia tak mampu berpikir secara logis padahal dia emang jago bener masalah angularJS. 

Bulan April lalu, kampus saya juga kedatangan tamu dari perusahaan besar ecommerce (mungkin tidak perlu saya sebutkan) dan mereka membuat acara di kampus saya. Kebetulan saya waktu itu ikut, dan saya mendengar sendiri bahwa perusahaan sebesar itu, sangat sering menolak orang yang melamar pekerjaan sebagai programmer. Mereka menolak karena si pelamar mengaku bisa PHP, HTML, Javascript, bahkan dengan IPK diatas 3.8, tapi si pelamar ini saat di test, ternyata tidak bisa apa-apa. Apalagi logikanya juga banyak yang masih kurang.

Maka dari itu, jangan hanya mengandalkan kuliah, jangan bangga IPK yang tinggi, karena pekerjaan sesungguhnya jauh dan sangat jauh lebih sulit ! Maka dari itu mari kita belajar bukan hanya menghafal syntax, namun belajar berpikir logis dengan bahasa pemrograman yang kita pelajari!

Beruntunglah Kamu ! Karena disini, saya akan memberikan ebook/video yang saya sudah yakini sangat cocok untuk pembelajaran sistem pada tahun 2018 ini. Kamu bisa download dibawah ini : 

Tutorial Membuat Sistem Berbasis Web

Cara Membuat Sistem Pemesanan Tiket Bus (youtube)
Cara Membuat Sistem Informasi Pemesanan Kamar Hotel Berbasis Web (Mediafire)
Sistem informasi penjualan untuk memperluas pangsa pasar (Mediafire)
SISTEM PEMESANAN TIKET BIOSKOP SECARA ONLINE (Mediafire)
Sistem Informasi Tugas Akhir Berbasis SMS Gateway (Mediafire)
Tutorial JAVASCRIPT LENGKAP  (youtube)
Create Interactive Website (youtube)
How Javascript Work (youtube)
Top 10 Javscript Interview Question (youtube)

Tutorial Membuat Sistem Berbasis Desktop (C#)

Cara Membuat Aplikasi Restoran (youtube)
Membuat Aplikasi Cafe (part 1) (youtube)
Membuat Aplikasi Cafe (part 2) (youtube)
Membuat Aplikasi Cafe (part 3) (youtube)
Membuat Aplikasi Database Mysql di C# (youtube)

Tutorial Membuat Sistem Dengan Java

Perancangan aplikasi Point Of Sales Berbasis Java Desktop (Mediafire)
Perancangan aplikasi rental mobil (Mediafire)
Membuat Game Dengan Java (Mediafire)
Pembuatan Web Service Dengan Java (Mediafire)

Lalu apa sih untungnya belajar ngoding di tahun ini ? Yuk baca artikel 


Pengen Mendalami Tentang Pemrograman Android ? Yuk baca artikel




Sebagai penutup, silahkan Anda lihat video berikut :


Semoga apa yang saya bagikan ini berguna bagi masa depan Anda.

Apabila ilmu ini bermanfaat, Jangan lupa share ya... :)

0 Response to "3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018"

Post a Comment

Popular posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel