-->

Persamaan Atau Kesamaan?

Blog Iman Prabawa - Halo, kali ini saya mau sharing mengenai persamaan atau kesamaan? Jadi tadi ketika saya lagi membuka twitter, saya melihat apa yang disampaikan oleh bapak Sandiaga S. Uno melalui twitternya, yang saya embedkan di sini,


Yang menarik perhatian saya adalah kata-kata yang ada di dalam gambar tersebut,
Kita sudah harus menanggalkan atribut-atribut kampanye. Now, we're all one, ngga ada lagi nomor urut dua atau tiga. Lupakan perbedaan sejenak dan fokus kepada kesamaan yang kita miliki.
Di pernyataan tersebut saya kemudian jadi melihat kepada kata "kesamaan" yang ada di situ, kemudian saya jadi berpikir, bukannya persamaan ya? Lalu kemudian saya jadi bingung, yang benar itu kesamaan atau persamaan? Dan kemudian saya browsing dan mencari yang benar yang mana.

Persamaan Atau Kesamaan

Saya browsing dan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tercantum definisi kesamaan adalah sebagai berikut,

kesamaan /ke·sa·ma·an /n perihal sama: untuk memenangkan perjuangan diperlukan adanya - tujuan dan cita-cita;

sementara kalau persamaan saya lihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tercantum definisinya adalah sebagai berikut,

persamaan/per·sa·ma·an/ n 1 perihal mempersamakan (tingginya, tingkatnya, dan sebagainya): perlu diperjuangkan terus - hak bagi semua orang; 2perbandingan; perumpamaannya; ibarat: - dalam peribahasa tepat benar; 3 keadaan yang sama atau yang serupa dengan yang lain; persesuaian;

Kalau melihat dari definisi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tersebut berarti benar dong ya seharusnya di situ memang "kesamaan" dan bukan "persamaan".

Eits, tapi tunggu dulu! Kalau kita melihat pada point nomor 3, yaitu:

3 keadaan yang sama atau yang serupa dengan yang lain; persesuaian;

Berarti sebenarnya kata "persamaan" juga bisa digunakan di dalam kalimatnya bapak Sandiaga S. Uno ini dong? Kalau diubah menjadi "fokus kepada persamaan yang kita miliki" di sini kalau melihat kepada definisinya KKBI yaitu "keadaan yang sama atau yang serupa" sebenarnya bisa juga menjadi benar lho. Kalau saya sendiri lebih condong kepada kata "persamaan" ketimbang "kesamaan" karena ada kata "perbedaan" sebelumnya. Menurut teman-teman sendiri gimana? Mana yang lebih tepat digunakan? Persamaan atau kesamaan kah di dalam kasus di atas??

Saya membahas ini dari segi tata bahasanya ya, bukan dari segi isinya, jadi saya tidak membahas sama sekali masalah politik di sini. Karena sekarang saya lagi fokus di pengajaran bahasa, maka yang saya amati adalah dari sudut tata bahasanya.

Mengapa Tidak Ada Kebedaan?

Di pernyataannya pak Sandiaga S. Uno tersebut kan ada kata perbedaan, itulah mengapa saya kemudian berpendapat kenapa ngga kata "persamaan" yang digunakan, malah yang digunakan adalah kata "kesamaan", dan ternyata menurut KBBI yang benar itu ternyata adalah kesamaan.

Dan kemudian saya jadi berpikir, kalau ada "kesamaan", berarti ada "kebedaan" dong? Tapi kita tidak mengenal kata "kebedaan" kan di dalam bahasa Indonesia? Adanya adalah perbedaan. Dan saya juga coba cari di KBBI online, tidak saya temukan kata kebedaan, adanya perbedaan saja.

Persamaan Atau Kesamaan?

Padahal kalau melihat kepada arti dari "kesamaan" pada KBBI tertera adalah "perihal sama" berarti sesuatu yang sama, yang memang sudah ada, jadi harusnya ada dong kebedaan, harusnya ada kebedaan dan ada juga kata perbedaan, seperti ada kesamaan dan ada persamaan juga. Kenapa kata "kebedaan" itu tidak ada di dalam bahasa Indonesia?

Bahasa Itu Mana Suka

Ada salah satu ciri khas dari bahasa kalau kita melihat dari sisi linguistik, yaitu yang sering dikatakan dengan istilah arbitrary yang kalau dibahasakan ke dalam bahasa Indonesia menjadi "mana suka". Arbitrary ini kalau kita lihat dalam kamus Oxford Dictionary, arbitrary didefinisikan sebagai
Based on random choice or personal whim, rather than any reason or system.
Atau kalau saya coba artikan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya adalah arbitrary adalah didasarkan pada pilihan acak atau kehendak pribadi, ketimbang atas alasan atau sistem tertentu. Jadi mungkin itulah mengapa ada kata persamaan dan kesamaan, tapi di satu sisi tidak ada kata kebedaan, yang ada hanyalah kata perbedaan saja.

Sekarang ini saya memang lagi tertarik mempelajari dan mengamati hal-hal seperti ini, yang nantinya akan saya gunakan di dalam pengajaran bahasa Inggris dan bahasa Jepang saya. Saya akan masuk melalui sisi linguistik juga, dan bukan hanya dari segi tata bahasanya saja, karena menurut saya kalau kita melihat bahasa itu dari segi linguistik dan tidak hanya dari segi tata bahasanya saja, kita akan bisa melihat dalam cakupan yang jauh lebih besar dan jauh lebih menarik kalau menurut saya.

Nah jadi kalau menurut teman-teman, yang tepat pada kalimat di atas persamaan atau kesamaan? Kalau saya melihat dari KBBI dan kata yang sebelumnya digunakan ada kata perbedaan, maka saya lebih memilih "persamaan" ketimbang "kesamaan. Silakan tulis di komen ya, tapi jangan jadi mengarah ke politik ya, karena pembahasannya lebih kepada tata bahasanya, dan bukan masalah politik.


Baca juga:
  1. Beda Bahasa Beda Grammar
  2. Seni Di Dalam Mengajar
  3. Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Baik

0 Response to "Persamaan Atau Kesamaan?"

Post a Comment

Popular posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel