-->

Teknik Coding Agar Kita Tidak Pusing Sendiri !

Pernah kah kalian para programmer mengalami hal diatas ???????
Saya sendiri sering.
Saat ada bug pada code kita, kita harus cepat memperbaiki bug tersebut dengan melihat code2 sebelumnya, dan celakanya kita lupa code tersebut alurnya seperti apaan.. sehingga kita harus baca dan compile pakai otak kita sendiri. betul ?
Lalu gimana nih, kalau kita lagi dikejar deadline, kita bisa kena marah cuma gara2 harus mikir2 code sebelumnya. Karena mikir juga perlu waktu, otak kita gak secepat komputer kali.. wkwkwk

Nah, disini komputer67 akan memberikan solusi gimana caranya agar kita bisa ngoding dengan nyaman dan santai sehingga kita mampu menyelesaikan program kita dengan baik.

Teknik Coding Agar Kita Tidak Lupa Dengan Codingan Kita Sendiri


1. SELALU TAMBAHKAN KOMENTAR !

Tau komentar kan ? Yup, komentar sangat-sangat-sangat penting ! Dengan adanya komentar, kita bisa mengingat2 apa fungsi code yang telah kita buat sebelumnya. Berikan komentar sedetail mungkin agar kita mudah untuk membacanya..


2. BUAT CODE SE EFISIEN MUNGKIN BUKAN SESIMPLE MUNGKIN !

Ingat kata2 saya ! Code yang simple bukan berarti akan membutuhkan waktu yang simple juga ! Code yang panjang juga belum tentu membutuhkan waktu yang panjang pula !. Jadi solusinya ya bikin code yang se EFISIEN mungkin. Sehingga yang terpenting saat menulis code yaitu kecepatan program saat dijalankan. Sehingga bisa terlihat ringan dan enak dipandang.
Tapi sayangnya, code yang EFISIEN belum tentu mempunyai sedikit code. Bahkan code anda bisa jadi berantakan dan tidak rapi TAPI EFISIEN ! Nah namanya code yang berantakan pasti susah dibaca, solusinya ya anda harus pakai KOMENTAR seperti cara nomor 1.Karena yang dibutuhkan pengguna bukanlah kerapian kode anda, tapi kualitas program anda. Otomatis jika program anda ringan, pengguna akan senang.


3. LAKUKAN TES PADA ALGORITMA MU !

Bagi para programmer yang suka pakai algoritma emang pasti sering sekali mengalami pusing melihat algoritma sendiri. Emang sih, saya juga.. Tapi ingat, algoritma tersebut pasti akan digunakan pada masalah2 lain kan ? maka dari itu pastikan algoritma mu itu berjalan dengan benar. Jangan sampai salah, jadi saat kita selesai menulis fungsi algoritma tersebut, lalu kita masuk2an input dan ternyata ada ERROR. Kita gak perlu susah2 mikirin 'mungkin errornya di algoritma' sehingga kita gak usah utek2 algoritmanya lagi. Cara ini dapat menghemat waktu loh.. Mungkin kita gak kerasa, tapi sebenarnya waktu itu berjalan cepat kalau kita lagi asik koding. betul kan ? wkwkwk


4. TETAP FOKUS !

Nah kali ini bukan salah codenya, bukan salah algoritmanya, tapi salah lu ! hahaha, anda emg harus fokus pada tujuan program tersebut. Jangan fokus pada hal2 lain. Karena saat kita ngoding kita perlu konsentrasi penuh dan fokus yang sungguh2 agar kita dapat mengingat & menyelesaikan masalah dengan sempurna. Dan satu lagi, yaitu tetap tenang dalam menghadapi error apapun. Karena dari error terjadi karena ada solusi..
:D

semoga bermanfaat :D
Jangan lupa like fanspage komputer67 dibawah ini bro !

0 Response to "Teknik Coding Agar Kita Tidak Pusing Sendiri !"

Post a Comment

Popular posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel