-->

Cara Menggabungkan Audio Di Wavelab 6

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya sharing mengenai cara menggabungkan dua buah file audio menjadi satu file. Biasanya ini kalau kita memutar audio book kan per chpaternya terpisah dan ini biasanya suka menjadi masalah kalau kita putar di handphone, sehingga mendingan kita satukan aja semua file audionya menjadi satu.

Nah ini bisa kita lakukan dengan menggunakan wavelab 6. Gimana caranya? Yuk mari kita bahas..

Menggabungkan Dua Buah Audio Di Wavelab

Ini tidak hanya untuk dua buah audio ya, bisa lebih dari dua audio yang kita gabungkan. Oke, langsung aja. Pertama kita buka dulu wavelab kita kemudian kita cari audio yang akan kita gabungkan dengan mengklik pada File lalu pilih Open lalu pilih Wave. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Menggabungkan Audio Di Wavelab 6

Atau kalau menggunakan shortcutnya kita bisa menggunakan tombol Ctrl lalu kita menekan huruf O (Ctrl+O). Itu huruf O ya bukan angka nol. Dan lalu kita cari dimana file audio kita, kita tempatkan, dan kalau file audio kita berbentuk .mp3 formatnya, pastikan kita memilih All known file types agar file audio kita yang dalam bentuk .mp3 bisa kelihatan disitu.

Seperti terlihat pada gambar di bawah ini yang saya berikan kotak merah. Disitu kita pilih all known file types-nya.


Kalau sudah lalu kita buka filenya. Dan kalau sudah terbuka, kita buka lagi file yang akan kita satukan. Nah yang ini kemudian kita pilih Edit lalu kita pilih Insert Audio File lalu kita mau menempatkannya dimana? Kalau di akhir dari file audio yang sudah kita buka maka kita memilih At end... seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Ulangi beberapa kali kalau file audio yang mau disatukan ada lebih dari 2 buah. Lalu kalau sudah selesai, saya contohkan menggabungkan 4 buah file audio. Maka akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.


Tapi mungkin yang teman-teman terlihatnya seperti gambar di bawah ini.


Agar terlihat seperti yang saya yang perlu teman-teman lakukan hanyalah memencet shortcut H di keyboard teman-teman kemudian tinggal geser ke kiri seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Kalau mau memperlebar lagi tinggal pencet tombol G saja.


Kalau itu sudah teman-teman lakukan pasti teman-teman akan bisa seperti saya, yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Setelah itu yang perlu teman-teman lakukan adalah memencet Ctrl+A dan kemudian memencet tombol Render yang ada di bagian kanan bawah seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Kemudian selanjutnya tinggal teman-teman OK-in aja, dan selanjutnya Wavelab akan menggabungkan 4 file audio tersebut. Setelah selesai dirender oleh Wavelab maka kita perlu men-Save As audio baru kita dan jangan Save ya! Tapi Save As! Kalau Save aja bukan Save As file lama kita akan otomatis ketiban. Maka dari itu mendingan Save As aja.


Kemudian kita beri nama file-nya. Terserah aja tinggal dinamakan sendiri nama filenya, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Lalu ada kotak berwarna merah yang saya beri tanda ya, itu kalau kita ingin memberi meta data untuk file audio kita, sehingga kalau nanti file audio itu kita masukkan ke handphone maka namanya ngga akan tertera Track 1 walau di bagian yang oranye sudah kita beri nama. Akan tetap aja keluar nama di handphone kita Track 1.

Nah maka dari itu kita perlu menginput meta datanya. Caranya adalah dengan mengklik pada kotak merah tersebut. Maka akan muncul kotak seperti gambar di bawah ini.


Lalu kita mengklik bagian Attributes dimana disitu kan terteranya Untitled ya, kita klik di bagian itu dan akan terlihat seperti gambar di atas lalu kita pilih Edit. Lalu akan keluar kotak seperti ini, dan tinggal kita isikan aja nama file-nya dengan yang kita mauin dan isikan aja yang lainnya. Setelah selesai tinggal klik OK dan kemudian tinggal kita pencet Save aja.


Maka kelar deh usaha kita dalam menggabungkan 4 buah file audio menjadi satu buah file audio. Dan kalau kita masukkan ke handphone juga namanya sudah berisi nama yang kita inginkan dan bukan Track 1 lagi. Semoga bisa bermanfaat ya sharing dari saya kali ini mengenai cara menggabungkan audio di Wavelab 6. Wassalam.



Baca juga :
  1. Pelajaran Berharga Bagi Si Pemalas
  2. Pantai Sebong Pulau Bintan

0 Response to "Cara Menggabungkan Audio Di Wavelab 6"

Post a Comment

Popular posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel